Animasi Background Bergerak

Animasi ini biasanya digunakan untuk membuat background pada game-game seperti game flash, yang backgroundnya bergerak secara berulang-ulang. Jika Anda masih pemula, harap baca tutorial dasar animasi flash dan video tutorialnya. Berikut langkah-langkah pembuatan animasinya:Langkah 1:

Siapkan dua buah file, 1 background dan 1 objek (misalnya, foto Anda). Sesuaikan ukuran foto dengan ukuran stage pada flash yang Anda inginkan. Untuk foto objeknya, jangan lupa untuk menghilangkan backgroundnya/dibuat transparan, agar foto tersebut dapat diletakkan secara baik di atas background. Untuk mengolah kedua foto tersebut, Anda dapat menggunakan Adobe Photoshop.

Anda dapat menggunakan 2 foto berikut:

bg artis

Langkah 2:

Buka software flash, kemudian tekan Ctrl + R untuk mengimpor file background ke stage. Atur agar image Anda sesuai dengan ukuran stage, tekan Ctrl+J untuk mengatur ukuran stage dan ganti kecepatan animasinya menjadi 29 fps. Ganti nama layer menjadi background.

aturdokmoving

Langkah 3:

Tekan Ctr + D (duplicate) pada gambar backgroundnya, kemudian lakukan group (klik kanan–>Group) dan tekan F8 (Convert to Symbol) –> pilih Graphic –> beri nama bg pada kotak dialog name.

simbolmoving

Langkah 4:

Ganti nama layer menjadi background, kemudian klik frame 100 dan 200 –> F6 (Insert Keyframe). Klik frame 100, kemudian , pindahkan/geser gambar background ke kiri sehingga posisi gambar yang disebelah kanan, tepat di atas stage.

timelinemoving

Langkah 5:

Klik kanan sembarang frame di antara frame 0 s.d 100 –> Create Motion Tween. Lakukan langkah yang sama, untuk frame di antara 100 dan 200. Sampai lrangkah ini, sebenarnya Anda sudah dapat mencobanya (Ctrl + Enter).

Langkah 6:

Klik kanan pada layer background –> beri nama layer dengan nama artis. Klik frame 1 –> Ctrl + R (Import) dan masukkan gambar objek/artis/foto Anda. Gunakan Free Transform Tool untuk mengatur objek agar tampil menarik di atas background.

artisbg

Langkah 7:

Tekan Ctrl + Enter (Test Movie). Have fun and enjoy it.

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

Previous Post Next Post

Contact Form