News Update :
loading...

Tuesday, May 22, 2012

Katak Borneo Yang Baru Ditemukan



Ilmuwan dari Universiti Sarawak Malaysia, Indraneil Das, menemukan spesies baru katak Borneo.

Katak tersebut berukuran hanya 4-5 sentimeter. Katak itu pertama kali ditemukan dalam ekspedisi ke Gunung Sinai, wilayah Sarawak, Malaysia, pada 2010. Spesies katak yang sama lalu ditemukan juga di Kubah National Park.

Saat ini, proses publikasi sedang dilakukan. Hasil temuan Das tengah ditinjau ulang.

Das menemukan jenis katak tersebut di lantai hutan yang tertutup dedaunan kering. Habitat katak yang seperti tersembunyi, kata Das, membuat katak ini mungkin belum ditemukan sebelumnya.

"Adalah suara katak ini yang sangat unik. Suaranya memiliki nada yang tinggi, keras, dan berulang-ulang," kata Das seperti dikutip AFP, Jumat (18/5/2012).

Selain jenis katak ini, Das juga mengaku menemukan beberapa jenis katak lain. Ia tengah mengidentifikasi jenis lain tersebut. Ia berharap dapat memublikasikan untuk bisa menunjukkan kekayaan Borneo.

Sebelumnya, Das menemukan kodok berkaki kurus dan kodok pelangi Borneo yang hampir tak ditemukan selama 90 tahun. Das juga menemukan katak terkecil yang cuma sebesar biji kacang polong.

Borneo merupakan salah satu pusat biodiversitas dunia. Wilayah ini mencakup wilayah Indonesia, Brunei, dan Malaysia.












sumber

No comments:

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.