News Update :
loading...

Thursday, May 24, 2012

Provinsi Sikkim Negeri Dongeng di Lembah Himalaya


Provinsi Sikkim di India punya daya tarik luar biasa. Ini adalah wilayah tempat Anda menemukan lanskap hijau pegunungan, jajaran biara yang cantik, serta budaya beragam yang menyatu dalam latar Pegunungan Himalaya.

Provinsi Sikkim punya warna-warni kehidupan. Aneka warna tersebut tak hanya tercermin lewat alam dan bangunan, tapi juga etnis dan budaya. Lembah indah milik India ini jadi rumah bagi tiga etnis berbeda yakni Lepcha, Bhutia, dan suku Nepal. Kekayaan ragam ini juga tercermin lewat warna-warni kuil dan bendera doa, bendera warna-warni khas suku Tibet.

Sikkim punya pesona dari tiga tempat yang jadi batas langsung wilayahnya: Tibet di sebelah utara, Bhutan di sebelah timur, dan dataran tinggi Darjeeling di sebelah selatan. Eksotisme Tibet terlihat dari banyaknya kuil, bendera doa, dan Chorten (batu keramat). Eloknya alam Bhutan menyumbang lanskap hijau, hamparan karpet bunga, serta danau yang luas.

Gangtok adalah salah satu ibukota provinsi tertinggi di dunia, terletak di ketinggian 1.780 mdpl. Tak heran, seluruh Sikkim dibuat sejuk olehnya. Kota ini sangat cantik, dengan rumah-rumah yang bertengger di lereng gunung dan bukit.

Tapi, sejauh apa pun kaki melangkah, mata Anda pasti tak lepas dari si megah Kanchenjunga. Ini adalah gunung tertinggi ketiga di dunia (8.586 mdpl). Karena eksistensinya yang mendominasi, Kanchenjunga juga dianggap sebagai penjaga wilayah Sikkim.

Masih di Gangtok, langkahkan kaki Anda menuju Enchey Monastery dan Institute of Tibetology. Tempat yang disebut terakhir itu punya banyak koleksi patung, manuskrip, objek-objek untuk ritual/tradisi, stupa, juga Chorten khas Tibet.

38 Kilometer dari Gangtok, terdapat Danau Tsomgo yang tersohor keindahannya. Warna-warni akan langsung menyapa mata lewat karpet bunga yang menawan, serta banyaknya Yak, kerbau khas Himalaya dan panda merah yang sangat khas Sikkim. Inilah tempat yang tepat untuk menyambut mentari pagi, ketika sinarnya muncul dari balik puncak-puncak es Himalaya.

Berkendara lebih jauh, Anda bisa mengunjungi beberapa kuil seperti Phodong, Chungthang, Lachung, Pemayangtse, juga Sangacholing yang merupakan kuil tertua di Sikkim. Kuil ini dibangun pada 1697, dan bangunannya masih terjaga dengan baik.

Selain mengunjungi banyak tempat, Anda bisa melakukan trekking di berbagai rute yang tersedia. Waktu paling baik untuk menyambangi Sikkim adalah bulan Maret-Mei atau Oktober-Desember, ketika suhu maksimalnya sekitar 20 derajat Celcius.

Untuk mencapainya, Anda bisa melakukan perjalanan udara dari Kathmandu ke Bhadrapur (keduanya di Nepal). Perjalanan dilanjutkan dengan berkendara ke Kakarbhitta (perbatasan Nepal-India), lalu Siliguri di India, hingga akhirnya tiba di Gangtok.

Jika ingin menikmati perjalanan menggunakan kereta api, maka tujuan Anda adalaah Siliguri. Dari sini terdapat kereta api dengan jalur menuju Kalkutta, New Delhi, dan beberapa kota besar lain di India.






























sumber

No comments:

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.