News Update :
loading...

Tuesday, July 10, 2012

20 Fakta Menarik Leonardo da Vinci Semasa Hidup

LEONARDO dA VINCI



Leonardo da Vinci terlahir dengan nama lengkap Leonardo di Ser Piero, lahir tahun 1452 dan meninggal tahun 1519. Leonardo lahir di Vinci, Firenze, Italia dan meninggal di Prancis. Asal mula nama Leonardo da Vinci menandakan dia berasal dari daerah Vinci (da diartikan sebagai from dalam bahasa Inggris). Leonardo dikenal sebagai seniman yang kemudian mengaplikasikan karya seninya ke dalam temuan-temuan bidang ilmiah, dan konsep-konsep temuannya-lah yang dipakai dalam pembangunan teknologi modern setelahnya. Kejeniusannya melingkupi banyak bidang di antaranya bidang seni, musik, kedokteran, arsitek, pahatan, tulisan, anatomi, astronomi, teknik sipil, hingga kuliner. Kejeniusan atas karya dan pemikirannya membawa kemajuan pada peradaban manusia lintas bidang pengetahuan. Ia seorang pemikir keras dan bersenang-senang dengan apa yang ia pelajari tanpa sedikitpun tanda kesusahan. Leonardo dihormati dimana-mana dan terkenal jenius bagi seniman-seniman seangkatannya.http://bldirgantara.blogspot.com/  Ia bisa menyejajarkan seni dan ilmu pengetahuan dan temuannya dipakai hingga kini. Mari kita mengenal fakta kehidupannya lebih dalam lagi.

Ada banyak sekali fakta menarik kehidupan sang jenius Leonardo da Vinci yang sering atau pun jarang kita ketahui, di antaranya:

1. Pada usia belia, Leonardo sudah belajar melukis dengan Andrea del Verrocchio dan mulai melukis di Firenze.http://bldirgantara.blogspot.com/  Verrochio menyatakan pensiun melukis setelah menyaksikan bahwa lukisan muridnya yang satu ini lebih bagus dari lukisannya sendiri.

2. Leonardo membantu Raphael dan Michaelangelo dalam merancang katedral Santo Petrus.

3. Ia pernah menulis catatan rencana akan karya-karyanya yang hendak diciptakan sebanyak 7.000 halaman.

4. Pemikirannya tentang burung kemudian membawanya pada konsep mesin terbang.

5. Ia mengembangkan pengetahuan anatomi dengan memberanikan diri membedah tubuh orang mati yang pada saat itu menjadi larangan pemerintah dan temuannya kemudian membawa manusia di zamannya menjadi lebih maju dalam pengetahuan anatomi, khususnya di bidang kedokteran.

6. Leonardo hidup di zaman Renaissance (zaman pencerahan) di Eropa dan dikenal sebagai “Master of Renaissance”.

7. Leonardo Da Vinci menulis dari kanan ke kiri. Jadi bila ingin membaca tulisannya harus memakai cermin.

8. Maha karyanya yang sangat terkenal hingga kini adalah The Last Supper dan Mona Lisa.

9. Dia memiliki kemampuan untuk menulis satu kalimat dengan tangan kanannya dan kalimat yang berbeda dengan tangan kirinya

10. Dia menemukan gunting.

11. Dia membuat rancangan arsitek, tetapi belum pernah buat bangunan.

12. Dia kehilangan sebagian besar lukisan dan gambar yang dibuatnya di Milan.

13. Dia menemukan konsep teknologi-teknologi modern sekaligus desainnya tetapi tidak dapat diciptakan satu pun di zamannya. Rancangannya antara lain: sepatu air, pelampung, kincir air, gambar-gambar rantai, mesin pintal, mesin giling gandum, mesin cetak, kapal selam, senapan mesin, bom, parasut, tank, mobil, helikopter, dan pesawat terbang.

14. Saat mempelajari anatomi, ia suka pergi malam-malam, membongkar kuburan, dan mengambil mayat orang tidak dikenal yang sudah hampir busuk dan membedahnya. Sepanjang hidupnya tidak kurang 30 mayat yang ia bedah dan pelajari.

15. Leonardo da Vinci adalah pembelajar yang gila yang mempelajari semua hal tanpa batas dan bersenang-senang dengan itu semua.

16. Ia pernah membuat desain robot yang dikenal dengan nama “Robot Leonardo”. Rancangan itu dianggap sebagai desain robot pertama sepanjang sejarah.

17. Leonardo dikenal sebagai sosok yang perfeksionis. Terbukti dari hasil karyanya yang sering diperbaiki jika menurutnya kurang pas.

18. Leonardo juga ahli di bidang tata kota dan bahkan memajukan pembangunan suatu kota lengkap dengan pelebaran jalan dan sungai menggunakan kanal.

19. Leonardo pernah membuat alat musiknya sendiri dan piawai memainkannya.

20. Pada tahun 1476 tertuduh dengan kasus homoseksual dengan seorang model laki-laki berusia belasan tahun yang bernama Jacopo Saltarelli.







sumber

2 comments:

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.