News Update :

Sabtu, 14 Juli 2012

Cara Menghitung Jarak Antara Satu Tempat ke Tempat Lain

Antara suatu tempat dengan tempat lainnya memiliki jarak yang bisa kita ukur dengan ukuran standar meter. Adapula standar ukuran lainnya di luar standar internasional seperti inchi, kaki, hasta, jengkal, tombak, dan lain sebagainya. Ukuran jarak sangat bermanfaat bagi manusia untuk memperkirakan jauh dekat suatu tempat ke tempat yang lain. Dengan mengetahui jaraknya, maka seseorang dapat mempersiapkan dirinya selama di perjalanan nanti.

Ada berbagai cara untuk mengetahui perkiraan jarak antara satu tempat ke tampat lainnya, yaitu :


Mencari Tahu Informasi yang Sudah Ada



Tanpa harus menghitung jarak sendiri, kita bisa tinggal menikmati hasil hitungan orang lain yang mungkin ada di suatu tempat. Untuk jarak-jarak yang umum seperti jarak dari kota A ke kota B mungkin bisa kita temukan di internet atau buku-buku.bldirgantara.blogspot.com Jika memang tidak ada berarti kita harus menghitungnya sendiri dengan berbagai metode cara seperti yang ada di bawah ini.
Menghitung Secara Manual



Menghitung secara manual mungkin lebih cocok untuk jarak pendek yang tidak terlalu jauh. Dengan berbekal peralatan dasar seadanya seperti meteran, penggaris, tali, teodolit, peta, dan lain sebagainya kita bisa melalukan perhitungan jarak yang kita inginkan.bldirgantara.blogspot.com Dengan bantuan peta pun kita bisa mengukur jarak dengan menghitung jarak di peta dengan skalanya sehingga didapat jarak yang sebenarnya. Menghitung jarak oleh diri sendiri atau orang yang bukan ahlinya memang akan menghasilkan hasil yang kemungkinan besar tidak akurat. Namun daripada tidak ada hasil sama sekali lebih baik yang seadanya saja.
Menghitung dengan Spidometer Kendaraan Bermotor



Pada kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil biasanya terdapat speedometer dan penghitung jarak tempuh. Untuk jarak yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor, kita bisa menghitung jarak antara satu tempat dengan tempat yang lain dengan menghitung selisih angka spidometer di titik start awal dengan angka spidometer di titik finish akhir. bldirgantara.blogspot.com Misalnya dari tempat awal speedometer menunjukkan angka 1000,2 dan di titik akhir memperlihatkan angka 1005,3 maka jarak tempuh dari titik awal ke titik akhir adalah sebesar 5,1 km (kilometer). Namun perhatikan juga apakah speedometer kita itu menggunakan stardar kilo meter atau mil.
Menggunakan Piranti Lunak (Software) Peta



Di internet kita bisa menggunakan peta online google maps secara gratis yang memiliki fungsi penghitung jarak antara tempat yang satu dengan yang lainnya.bldirgantara.blogspot.com Peta di internet tidak hanya menampilkan gambar peta saja, namun juga foto satelit seluruh tempat di dunia. Kita bisa melihat foto rumah kita dari atas langit di siang hari yang cerah dan menghitung jauh jarak ke suatu tempat lain dengan menggunakan fungsi penghitung jarak yang ada.
Memanfaatkan Fungsi GPS










Perangkat elektronik di jaman teknologi canggih seperti sekarang ini memungkinkan kita untuk memiliki penunjuk arah pribadi di dalam kendaraan yang bisa kita bawa ke mana-mana. Di dalam handphone pintar pun juga bisa dimasukkan program gps sehingga bisa kita gunakan di mana pun kita berada selama berada di dalam jaringan layanan telepon seluler kita. bldirgantara.blogspot.com Tidak hanya berfungsi sebagai peta dan penunjuk arah saja, gps tertentu memiliki fungsi penghitung jarak otomatis. Jika tidak bisa menghitung secara otomatis pun kita masih bisa menghitung jarak antar koordinat secara manual dengan rumus tertentu sehingga dihasilkanlah jarak antara satu tempat ke tempat lain.



sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright B.L.Dirgantara 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.