News Update :
loading...

Tuesday, August 28, 2012

17 Fakta Tentang Rendang


Rendang adalah makanan khas Sumatera Barat dengan rasa yang pada umumnya pedas. akan tetapi tingkat kepedasan tergantung oleh racikan sang juru masaknya.
Ciri khas dari rendang asal Pariaman adalah warna yang coklat tua serta bumbu yang hampir kering dengan rasa yang sangat lezat. bldirgantara.blogspot.com Untuk mencapai warna yang coklat tua serta bumbu rendang yang hampir kering tersebut, rendang dimasak cukup lama yaitu minimal 8 jam.dengan api kecil serta selalu diolah.

Semakin lama rendang dimasak maka rasanya akan semakin lezat. Apabila rendang yang dimasak hari ini dan tidak habis maka tidak perlu dikhawatirkan akan menjadi basi. Cukup dipanaskan dalam wajan dengan api kecil saja tanpa menambahkan bumbu kembali, kelezatan rendang akan tetap terjaga.
Semakin sering rendang dipanaskan maka rasa rendang akan semakin lezat dan warna bumbunya akan semakin tua menjadi coklat tua dan dapat mendekati hitam.

Ok,sekarang saya akan tulis , fakta fakta tentang rendang..


1. Rendang merupakan masakan yang mampu bertahan sampai 3 bulan tanpa dipanaskan kembali, tanpa berubah rasa dan aroma.
2. Semakin lama disimpan maka akan semakin enak rasanya.
3. Rendang adalah makanan terenak di dunia.
Rendang adalah makanan asli Sumatera Barat, Indonesia, yang menduduki posisi pertama dalamWorld’s 50 Delicious Food versi CNN internasional.
4. Rendang merupakan olahan kreatif masyarakat Sumatera Barat yang dahulunya disajikan untuk raja dan kalangan bangsawan.
5. Dimasak selama kurang lebih 8 jam agar bumbu meresap sempurna, dan diperoleh cita rasa yang khas dan nikmat.
6. Untuk memasak rendang harus menggunakan santan dari buah kelapa yang tua karena lebih banyak lemaknya agar rasanya lebih gurih. Bila menggunakan santan instan rasanya kurang begitu lezat. bldirgantara.blogspot.com
7. Rendang populer di manca negara. Tak hanya terkenal di Indonesia, Rendang juga sudah sangat diminati di luar negeri. Rendang sudah menyebar ke benua Eropa, bahkan dalam berbagai festival kuliner internasional, masyarakat Eropa sering mencari rendang untuk dicicipi.
8. Memasak rendang tidak bisa sembarangan. Jika memasak dengan api kecil maka hanya akan menghasilkan kari daging. Bila dimasak terus akan menjadi kalio daging yang agak berminyak dan bila dimasak lebih lama lagi baru akan menghasilkan rendang.
9. Memiliki filosifi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatera Barat, yaitu “musyawarah” yang berangkat dari 4 bahan pokoknya, yaitu;
1. Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari Niniak Mamak (para pemimpin suku adat)
2. Karambia (kelapa), merupakan lambang Cadiak Pandai (Kaum Intelektual)
3. Lado (cabai), merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan syarak (agama)
4. Pemasak (bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakan Minang
10. Rendang ternyata sudah melanglang buana dan eksis sejak sebelum adanya kerajaan Adityawarman, kurang lebih abad ke-8.
11. Rendang berasal dari daerah pegunungan, tepatnya daerah Pariangan, Padang, Sumatera Barat. Dari sanalah rendang mulai merambah ke daerah-daerah di luar Sumatera bahkan ke seluruh dunia.
12. Kelebihan rendang selain terkenal sebagai makanan yang tahan lama juga bercita rasa pedas. Namun ketika sudah sampai di lidah, rasa pedasnya akan hilang.
13. Untuk memasak rendang sebaiknya menggunakan kayu bakar, bukan kompor. Api yang dihasilkan dari kayu bakar bisa membuat daging matang sempurna.
14. Dalam pengolahan rendang, yang harus diutamakan adalah proses pengadukan santan yang harus dilakukan terus-menerus agar didapat rendang lezat dengan warna kehitaman.
15. Rendang adalah makanan asal Padang, Sumatera Barat yang ternyata dipengaruhi cita rasa masakan India. bldirgantara.blogspot.com
16. Pada awalnya rendang dibuat karena masyarakat Padang membutuhkan makanan untuk dibawa-bawa lebih dari 2 bulan. Seperti diketahui, masyarakat Padang gemar merantau, termasuk untuk bekal naik haji, apalagi perjalanan menuju Mekkah zaman dahulu bisa berbulan-bulan menggunakan kapal laut. Makanya diawetkan dengan cara dikeringkan. Rendang, bila dimasak dengan benar sampai kering, bisa tahan 1-3 bulan di udara terbuka.
17. Orang Eropa suka rendang. Secara global taste-nya juga disukai. Di dalam rendang ada taste mediteranian Eropa Timur dan ada taste India juga. http://librarygreen.blogspot.com/









sumber

No comments:

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.