News Update :
loading...

Sunday, August 5, 2012

Mengintip Dunia Islam Di Korea Selatan

Islamnya juga. Setelah ane jajaki background Islam di Korea, Komunitas Muslim di Korea Selatan adalah komunitas yang kaya dengan keberagaman latar belakang etnis dan budaya. Komunitas Muslim di negeri yang mayoritas penduduknya beragama Budha ini, kebanyakan adalah para pekerja asing dan imigran dari berbagai negara Muslim, terutama dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Masjid di Korsel
Masjid Itaewon di Seoul

Masjid Al Fatah di Busan

Suasana setelah solat jumat di Masjid Itaewon Seoul


Sementara orang-orang asli Korea yang Muslim, kebanyakan adalah keturunan dari para mualaf yang masuk Islam saat berlangsung Perang Korea. "Di sini adalah beberapa orang Korea. Yang lainnya berasal dari Indonesia, Malaysia dan Uzbek. Ada juga beberapa Muslim asal AS. Muslim disini sedikitnya berasal dari 12 sampai 14 negara di dunia," kata Haseeb Ahmad Khan, pengusaha asal Pakistan yang sudah 10 tahun tinggal di Korea Selatan.

Jemaah Militer di salah satu Masjid

Warga muslim korea


Menurut Haseeb, jumlah Muslim di Korea Selatan terus bertambah, terutama di kota besar seperti Busan. Muslim di kota ini sudah membuka sekolah Islam sendiri. "Meski sekolahnya kecil, cukup untuk mengakomodasi anak-anak mereka untuk mendapatkan pendidikan yang Islami," ujar Haseeb.

Data dari Korea Muslim Federation (KMF) yang didirikan sejak tahun 1967 menyebutkan, jumlah Muslim di Korea Selatan sekarang ini mencapai 120.000-130.000 orang, terdiri dari Muslim Korea asli dan para warga negara asing. Jumlah orang Korea asli yang Muslim sekitar 45.000 orang, selebihnya didominasi pekerja migran asal Pakistan dan Bangladesh.

Sebagai kelompok masyarakat minoritas, masjid menjadi tempat penting bagi Muslim Korea Selatan untuk saling bertemu dan bersilahturahim. bldirgantara.blogspot.com  Sepuluh tahun yang lalu, belum banyak masjid di negara ini. Tapi sekarang, masjid-masjid sudah banyak tersebar hampir di seluruh kota besar di Korea Selatan. Masjid terbesar adalah Masjid Sentral Seoul yang berlokasi di distrik Itaewon.

"Kami punya lebih dari 10 masjid di kota-kota besar seperti Gwangju, Busan dan Daegu. Masjid di sini bukan sekedar tempat salat tapi juga tempat berkumpul komunitas Muslim, terutama usai salat Jumat. Mereka saling bercerita dan mendengarkan satu sama lain," imbuh Haseeb.

"Contohnya, jika ada jamaah yang sakit, mereka bersama-sama datang menjenguk ke rumah sakit. Atau, jika ada yang butuh pertolongan, mereka akan mencari cara untuk bisa memberikan bantuan," sambung Haseeb.

Masjid juga menjadi pusat informasi bagi warga Korea yang ingin belajar Islam. Masjid-masjid di Korea Selatan menyediakan bahan-bahan bacaan dan audio yang diberikan gratis buat mereka yang ingin mempelajari Islam.

Sekolah Islam pertama di Korea Selatan rencananya akan dibuka bulan Maret ini. Sekolah itu dibiayai lewat dana hibah dari pemerintah Arab Saudi. Tahun 2008 lalu, Duta Besar Saudi di Seoul sudah menyerahkan dana sebesar 500.000 dollar pada KMF untuk biaya pembangunan sekolah.

Sebagai penghargaan atas bantuan Saudi, sekolah tersebut rencananya akan menggunakan nama putera mahkota Saudi Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz. bldirgantara.blogspot.com Sekolah ini juga akan menerima siswa non-Muslim. Selain memberikan mata pelajaran berdasarkan kurikulum pendidikan di Korea, sekolah yang dibiayai Saudi ini juga akan memberikan pelajaran tambahan berupa bahasa Arab, bahasa Inggris dan studi Islam.

Selain sekolah Islam, sejak tahun 2008 lalu, juga dibangun pusat kebudayaan Islam di kota Seoul. Dengan adanya sekolah dan pusat kebudayaan Islam ini, diharapkan bisa memperluas syiar Islam di Korea Selatan sekaligus meluruskan informasi-informasi biasa tentang Islam dan Muslim yang diterima oleh masyarakat negeri itu.

Dan ada juga lho artis korea yang muslim ternyata. Namanya Lee Ki Woo. Si pria kelahiran 23 oktober 1981 yang pernah membintangi beberapa drama korea seperti Star's Lover dan Kid Gang ini dikabarkan adalah seorang muslim.
berikut aktor pria muslim tersebut


Sebagai pelengkap subjek, hadir pula Lee Woon Jae, yang merupakan pesepak bola Korea yang memeluk agama islam. Walaupun sesuai kabar yang saya dapat dari Google menyatakan bahwa dia merupakan salah satu muallaf. bldirgantara.blogspot.com Pesepak bola Korea Selatan berumur 37 tahun yang menyandang posisi sebagai penjaga gawang tersebut kini meraih high-level setelah menunjukkan kemampuan hebatnya dalam menyelamatkan gawang TimNas Korea Selatan tersebut.
berikut Lee Woon Jae saat berlaga di lapangan hijau


Itulah yang ane cukup tahu tentang Dunia Islam di Seoul, setelah mengetahui itu semua, ane jadi makin bangga dengan Muslin di Seoul, Korsel, Negara yang amat beragam budaya dan paham. Islam masih ada dan berkembang di Korsel, Alhamdulillah... bldirgantara.blogspot.com

Let's proud with Islam
dengan adanya berita/info kayak gitu, Ane makin jatuh cinta sama Seoul dan mendalam terhadap Agama ane yang selalu menjadi prioritas Utama, Islam...







sumber

2 comments:

  1. Aduh! Saya baca artikel ini tapi mata saya asyikkkkk menjeling gambar awek sexy di bawah tajuknya SPG Mall diperkosa. Ha3x!

    ReplyDelete
  2. Perasaan ketika melawat Masjid Itaewon di Seoul indah sekali dengan cherry blossom yang sedang berkembang. Jika ke masjid di mana-mana sekali pun perasaan kita seperti berada di kampung halaman kita sendiri. Solat bisa saja di mana-mana dan perkara biasa jika kita dianggap pelik oleh orang lain ketika melaksanakannya. Waktu solat di sana 1 jam lebih awal. 4 pagi seperti pukul 8 di Negara saya. Hujan emas di Negara orang, hujan batu di negara sendiri, lebih baik Negaraku sendiri. Salam Bhernanda dan semua muslim. Kita bersaudara.

    ReplyDelete

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.