News Update :
loading...

Wednesday, October 31, 2012

Perbedaan Rendang Indonesia dan Malaysia



Kuliner nusantara memang memiliki ragam masakan yang enak dengan ragam bumbu dan tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Rendang, masakan asal minang ini memang telah dibuktikan kelezatannya oleh dunia bahkan dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Bicara soal rendang memang Malaysia pernah mengklaim rendang ini sebagai kuliner asli dari negeri jiran tersebut, namun ternyata terdapat perbedaan siginifikan antara rendang khas Indonesia dan Malaysia.
bldirgantara.blogspot.com
Menurut pakar kuliner sendiri, Bondan Winarno rendang asli itu cuma di Indonesia karena kalau versi Malaysia sendiri rendangnya cenderung setengah matang. Menurut pak Bondan di Malaysia rendang memiliki penyebutan lain yaitu kaleo dan proses pembuatannya juga berbeda. di Indonesia kaleo sendiri mirip gulai dan proses memasaknya tidak membutuhkan waktu lama seperti pada rendang. Dalam proses memasak rendang memang agak lama dan menunggu hingga daging kering.
bldirgantara.blogspot.com
Rendang di Indonesia proses pembuatannya memang lama sekali bisa sampai satu hari lebih agar daging menjadi kering dan bumbunya meresap. Tentunya menurut pak Bondal hal ini berbeda jauh dengan rendang Malaysia terutama di daerah padang. Bondan sendiri menegaskan bahwa Indonesia tidak perlu cemas kulinernya diklaim negara lain terutama Malaysia karena memang rendang Indonesia berbeda dengan Malaysia. bldirgantara.blogspot.com

Kuliner Indonesia dan Malaysia sedikit banyak memang memiliki kemiripan dikarenakan masih dalam satu rumpun Melayu namun tentunya ada perbedaan siginifikan antara keduanya Nah sekarang kita sudah mengetahui kan perbedaannya dan pastinya rendang asli Indonesia jauh lebih enak lho.








No comments:

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.