News Update :
loading...

Wednesday, February 20, 2013

4 Cara Terhindar Dari Radang Selaput Otak



Radang selaput otak atau disebut meningitis dalam istilah kedokteran adalah penyakit yang tidak bisa diremehkan. Penyakit menular yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyerang selaput di sekeliling otak dan sumsum tulang belakang ini berisiko sangat serius jika tidak cepat ditangani dengan baik. Risikonya antara lain cacat, lumpuh, gangguan mental hingga kematian.
bldirgantara.blogspot.com
Dibandingkan dengan meningitis yang disebabkan virus (meningitis viral dan meningitis tuberkulosis), meningitis yang disebabkan bakteri (meningitis bakterialis) memang bisa dikatakan jarang terjadi. bldirgantara.blogspot.com
"Meningitis viral dan TBC biasanya diderita oleh bayi dan anak-anak, sedangkan meningitis bakterialis seringkali menyerang orang dewasa yang memiliki sistem daya tahan tubuh yang lemah," ucap Dokter Spesialis Saraf Anak, Irawan Mangunatmadja, dari RSCM saat dihubungi oleh VIVAlife.
Untuk terhindar dari penyakit ini, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Vaksinasi.
Banyak orang yang belum menyadari pentingnya pemberian vaksinasi yang merupakan perlindungan primer untuk mencegah infeksi penyakit. Meningitis yang merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan bakteri dapat dicegah salah satunya dengan melakukan vaksinasi secara rutin. Vaksin akan bekerja dua pekan setelah disuntik karea antibodi baru akan terbentuk selama dua pekan setelah dimasukkan vaksin. Vaksin tersebut kemudian akan aktif selama tiga tahun.

2. Tingkatkan daya tahan tubuh.

Dr. Irawan juga menyarankan pentingnya menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi, rajin berolahraga serta makan tepat waktu. Selain itu kelelahan juga salah satu faktor penyebab daya tahan tubuh menurun sehingga Anda juga disarankan memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya. bldirgantara.blogspot.com

3. Jaga kebersihan.
Virus dan bakteri tentu saja dapat masuk ke dalam tubuh dan menyerang organ-organ tubuh mereka yang tidak menjaga kebersihan dengan baik. Untuk itu, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun sehabis menyentuh barang-barang yang mengandung banyak bakteri dan kuman seperti handphone, uang dan barang-barang lainnya terutama yang umum dan sering disentuh oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan hand sanitizer di dalam tas kemanapun Anda pergi.
bldirgantara.blogspot.com
4. Hindari kontak langsung dengan penderita.
Kemungkinan penularan penyakit ini antara lain dari batuk, bersin, berciuman dan kontak-kontak lainnya. Untuk itu, pastikan Anda menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit radang selaput otak atau meningitis serta hindari memakai barang-barang bersama seperti memakai sikat gigi bersama, berbagi makanan dengan satu sendok, dan sebagainya.
Penanganan

Untuk penanganan terhadap pasien meningitis sendiri, Irawan mengatakan bahwa pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi jenis meningitis yang diderita, apakah meningitis viral, TBC atau bakterialis dari gejala-gejala yang dialami serta pengambilan sampel cairan dari punggung. Setelah itu ditangani dan diobati sesuai dengan bakteri atau virus penyebab penyakit tersebut.bld


sumber

No comments:

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.