News Update :
loading...

Friday, June 8, 2012

Mobil Ini Kendalikan Mengunkan Otak Kita



Ilmuwan Jerman telah mengembangkan kendaraan yang dapat digunakan tanpa perlu disetir. Cukup otak pengemudi yang menentukan arah dan kendaraan itu bergerak sesuai keinginan.

Pengemudi mengenakan headset khusus -- awalnya dirancang untuk video games -- yang punya sensor-sensor dan terhubung dengan peralatan eletronik kendaraan secara nirkabel.

Otak pengemudi hanya perlu "berpikir" seperti :"belok kiri", "belok kanan" dan tambah kecepatan.

Peralatan bernama BrainDriver bekerja dengan mendapat masukan dari berbagai video kamera di kendaraan, radar-radar dan sensor-sensor. Pasokan data tersebut dapat memberikan pemandangan 3 dimensi terhadap sekeliling mobil.

Headset khusus terdiri dari 16 sensor yang bertugas menangkap sinyal-sinyal elektromagnetik otak.

Sinyal itu diterjemahkan komputer. Dalam uji coba, pengemudi bisa mengarahkan kendaraan belok kiri maupun kanan meski ada sedikit jeda antara waktu memberikan komando dengan gerak kendaraan.

Dalam tes ke-2, kendaraan itu "dilatih" untuk bisa mengenali belok kiri, belok kanan, ditambah menekan gas dan rem.

Proyek itu dilakukan oleh tim AutoNOMOS, salah satu unit dari Artificial Intelligence Group yang dimiliki Freie Universit├Ąt di Berlin.

Para peneliti mengemukakan karya mereka baru konsep dan "masih jauh dari teknologi mengendalikan mesin dengan otak.


sumber

No comments:

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.