News Update :
loading...

Tuesday, July 10, 2012

Ilmuan Berhasil Menemukan Dua Perilaku Air


Ilmuwan menemukan dua jenis perilaku permukaan air yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Ini penting untuk memahami tsunami.

Seperti apa perilaku air?

Ternyata air menciptakan gelombang permukaan yang berbeda. Seperti dikutip dari PhsyOrg, baru-baru ini, ilmuwan dari Universitas Nice-Sophia Antipolis, Prancis, menemukan dua bentuk gelombang air yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Mereka meneliti permukaan air dengan menggoyang air pada wadah transparan bernama tabung Hele-Shaw. Tabung Hele-Shaw adalah wadah yang terdiri atas dua pelat transparan paralel yang dipisahkan oleh celah sebesar 1,5 millimeter.

Kemudian peneliti mengatur frekuensi getaran dan amplitudo, dan alat itu pun bergoyang. Sebuah kamera berkecepatan tinggi yang dipasang di sebelahnya merekam gelombang yang tercipta pada permukaan air.

Ternyata ada dua jenis gelombang yang diciptakan. Gelombang yang kemudian disebut gelombang Faraday ini, yang pertama menunjukkan bentuk simetri dan yang satunya tidak simetri (yang satu tinggi dan yang satunya rendah).

Walau terdengar sepele, hasil temuan ini memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat dalam ilmu kimia, biologi, dan untuk mempelajari perilaku gelombang laut, misalnya, yang terjadi pada peristiwa tsunami. 
 
 
 
 
 
 
sumber

No comments:

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.