News Update :
loading...

Wednesday, December 12, 2012

Cerita Kamen Raider Dari Jaman Dulu Hingga Moderen


Kamen Rider adalah cerita mengenai super hero produksi TOEI (perusahaan film yang bergerak dibidang super hero) yang berasal dari Jepang. Kamen berarti topeng, dan rider berarti pengendara. Jadi secara umum kamen rider adalah pengendara bertopeng. Secara khususnya, kamen rider adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk merubah dirinya menjadi super hero yang bertopeng dan berarmor yang juga memiliki kekuatan luar biasa. Kendaraan umum kamen rider adalah motor, tapi ada juga beberapa yang selain motor.

Kamen Rider memiliki beragam bentuk dan jenis. Ada manusia, Cyborg (manusia setengah robot), 100% robot, manusia setengah monster, bahkan ada yang 100% monster. Kamen rider ada yang protagonis & antagonis. Seri-seri kamen rider ada banyak, ada yang berhubungan dan ada yang tidak. Seri kamen rider dibuat pertama kali pada tahun 1971, hingga saat ini seri kamen rider terus bermunculan. Dalam trit ini, saya hanya membahas mengenai kamen rider yang muncul dari tahun 1971-1994.

Rider Bike

Setiap Kamen Rider memiliki kendaraan, sesuai dengan namanya “Kamen Rider” kendaraan mereka adalah motor. Namun ada juga beberapa kamen rider yang berkendaraan selain motor atau bahkan tidak memiliki kendaraan sama sekali. Kebanyakan dari motor kamen rider awalnya merupakan motor biasa, ketika sang kamen rider berubah, motornya pun ikut berubah.
bldirgantara.blogspot.com
Kamen Rider Series yang pada awalnya di bawah judul “Masked Hero Project” diproduksi oleh Toru Hirayama (Hirayama Toru). Pada 1969, Shotaro Ishinomori, adalah orang yang terkenal di tokusatsu saat itu, mendekati Hirayama dengan komik ciptaannya Skull Man manga untuk diadaptasi dalam Masked Hero Project. Awal yang muncul dari sketsa Ishinomori adalah Skull Man, di mana senjatanya masih pukulan api napalm dan es dan sangat manusiawi karena masih belum ditambahkan unsur robotnya dan cerita berkembang .


Kamen Rider classic (Showa Rider)

Kamen Rider pertama tayang pada 3 april 1971, pada episode 10 terjadi peristiwa yang memburuk sekaligus awal dari legenda. Pada waktu itu Fujioka aktor dari Kamen Rider 1, terjatuh dari motor dan mengalami cedera. Otomatis dalam film berikutnya Hongo alias Kamen Rider 1 tidak dapat ditampilkan. Toei berusaha membuat cerita kembali dengan menampilkan Kamen Rider 2 dengan nama Hayato Ichimonji. Berikutnya mulai edisi 13 Hayato mengantikan peran Hongo dalam melindungi bumi sebagai Kamen Rider 2. Setelah Fujioka sembuh, maka karakter Hongo dimunculkan kembali, dan berduet dengan Ichimonji sebagai double rider. Pasangan ini kemudian menjadi terkenal dan legenda yang menginspirasi Kamen Rider berikutnya. Kamen Rider Ichigo dan Nigo juga selalu muncul di seri berikutnya dalam Kamen Rider V3, X, Amazon, Stronger) yang diputar dari tahun 1971-1976. Kamen Rider Ichigo sampai Kamen Rider Stronger merupakan satu cerita berantai yang berhubungan dan selesai di Kamen Rider Stronger.
Setelah selesainya cerita Kamen Rider di Stronger maka dibuat cerita Kamen Rider baru The New Kamen Rider (featuring Skyrider) dan Kamen Rider Super-1 yang kemudian disusul munculnya Kamen Rider ke-10, Kamen Rider ZX. ZX ini merupakan Kamen Rider yang paling unik, karena tidak diawali perencanaan yang khusus dan bermula dari gambar-gambar pick-up saja. pada Kamen Rider ZX tampil 10 rider bersama melawan organisasi jahat Badan. Proyek ini sekaligus menjadi proyek akhir dari Hirayama. bldirgantara.blogspot.com
Pada tahun 1987 kembali muncul seri Kamen Rider Black yang disambung dengan Kamen Rider Black RX. Bagi orang indonesia Kamen Rider ini adalah yang paling populer, dikenang dan legendaris. Tapi ini adalah akhir dari seri Kamen Rider pada waktu itu, setelah Kamen Rider Black tidak ada lagi seri TV Kamen Rider. yang berikutnya hanya dibuat versi filmnya yang hanya sekali tayang, seperti Kamen Rider J , Kamen Rider ZO, dan Kamen Rider Shin.
Kamen Rider vakum dari tahun 1989/90an sampai 2000. Setelah Kamen Rider Black RX berakhir. Tidak ada lagi Kamen Rider Series, yang ada hanya Kamen Rider dalam bentuk Movie/sekali tayang.
bldirgantara.blogspot.com
Kamen Rider Modern (Heisei Rider)

Setelah 10 tahun menghilang Kamen Rider kembali muncul dengan cerita baru, desain baru dan semangat baru dengan teknologi yang lebih baik. Era ini disebut dengan Kamen Rider heisei. Diawali dengan seri Kamen Rider Kuuga pada tahun 2000. Kamen Rider ini mendapatkan rating yang sangat tinggi pada awal kemunculannya. Setelah era Kamen Rider Kuuga berturut-turut dibuat seri Kamen Rider tiap tahunnya dengan cerita yang berbeda-beda, Kamen Rider Agito (2001), Kamen Rider Ryuki(2002), Kamen Rider Faiz/555 (2003), Kamen Rider Blade (2004), Kamen Rider Hibiki (2005), Kamen Rider Kabuto (2006), Kamen Rider Den-O (2007), Kamen Rider Kiva (2008), Kamen Rider Decade (2009), Kamen Rider W (2010), Kamen Rider OOO (2010-2011).

Antara Kamen Rider Zaman Showa dengan Kamen Rider zaman Heisei terdapat beberapa perbedaan, yaitu:
1.) Perubahan konsep altered human

Rider jaman Showa :
Kamen Rider harus benar-benar manusia yang diubah total menjadi cyborg murni(contoh: Ichigo,Nigo,V3,X dan sebagainya bahkan juga ksatria baja hitam RX adalah cyborg) atau bentuk kehidupan yang lain sama sekali dari manusia normal(contoh: Shin Kamen Rider dan Amazon yang berubah secara biologis sampai tingkat selulernya), di sini kita lihat konsep murni pak Ishinomori belum berubah, selain ia yang mengarang cerita asli Kamen Rider ia juga mengawasi pembuatan serial Kamen Rider waktu itu. Konsep Ishinimori adalah manusia yang diubahkan(altered human) harus murni cyborg dan bukan berubah menjadi pahlawan Kamen Rider karena sebab lainnya. Pengecualian adalah Riderman

Rider jaman Heisei :
Kamen Rider sepeninggal Ishinomori mengalami perubahan konsep besar-besaran, di mana seseorang dapat berubah menjadi Kamen Rider jika ada alat lain(Faiz) atau diberi kekuatan mistik(Agito,Gills,Kuuga) dan sebagainya, bahkan ada juga yang berubah menggunakan kartu (Ryuki,Blade,Decade,Diend) , ada yang karena memang diwariskan secara keturunan (Kiva), dan ada yang karena latihan dan mentoring oleh seorang master(Hibiki dan kawan-kawan). Tidak ada satupun Kamen Rider Heisei yang berupa cyborg, kalau mendekati cyborg ada(G3,G3X,G4) itupun hanya baju lapis baja saja yang dipakai jadinya mirip Robocop. bldirgantara.blogspot.com

2.) Jenis organisasi musuhnya

Rider jaman Showa :
Sangat jelas terlihat bahwa jaman Ichigo sampai RX terdapat organisasi jahat yang tujuannya hanya satu : World Domination (menguasai dunia). Hal ini berlangsung mulai jaman Ichigo(Shocker) sampai jaman black RX(Crisis) dan diteruskan sampai Kamen Rider J(Neo Organism)

Shocker

Rider jaman Heisei :
Tidak terlihat jelas ada organisasi jahat seperti sebelumnya, tetapi umumnya tergantikan oleh ras makhluk(komunitas) yang ingin menguasai dunia dan berbagai tujuan yang bersifat menghancurkan kemanusiaan(humanity), terlihat jelas pada serial Kamen Rider Faiz versus ras Orphenoch,Kuuga versus Grongi,Agito versus Unknown,Blade versus undead,Kabuto versus worm,Kiva versus Fangire, dan ada juga yang menciptakan Rider System(Shiro Kanzaki alias masternya Kamen Rider Odin) hanya bertujuan menyelamatkan nyawa adik kandungnya sendiri(contohnya pada Kamen Rider Ryuki).

Orphenoch


Kamen Rider Zaman Showa dan Kamen Rider zaman Heisei juga memiliki persamaan, yaitu :
KAMEN RIDER ICHIGOU (Showa Era) & KAMEN RIDER KUUGA (Heisei Era)
Kalau dilihat sekilas Ichigou dan Nigou yang modelnya seperti kembar, begitu juga dengan Kuuga dan Agito yang modelnya juga kembar. Seperti halnya Nigou yang masih satu alur cerita dengan Ichigou, Kamen Rider Agito juga masih berkaitan dengan Kuuga walaupun tidak dalam satu cerita. Seperti diketahui, sebenarnya Agito mengambil setting yang sama dengan Kuuga, sekitar 3 tahun setelahnya, dan sempat akan ditampilkan Kuuga di serial ini, tetapi tidak jadi. Sebagai bukti, proyek G3mengambil motif dari Undefined Lifeform number 4 yang dalam series Kamen Rider Kuuga adalah Kuuga itu sendiri, dengan tujuan untuk mengatasi serangan Monster yang terjadi seperti era Kuuga. Dengan ini Agito bisa dibilang representasi dari Nigo.

KAMEN RIDER NIGOU (Showa Era) & KAMEN RIDER AGITO (Heisei Era)
Kalau dilihat sekilas Ichigou dan Nigou yang modelnya seperti kembar, begitu juga dengan Kuuga dan Agito yang modelnya juga kembar. Seperti halnya Nigou yang masih satu alur cerita dengan Ichigou, Kamen Rider Agito juga masih berkaitan dengan Kuuga walaupun tidak dalam satu cerita. Seperti diketahui, sebenarnya Agito mengambil setting yang sama dengan Kuuga, sekitar 3 tahun setelahnya, dan sempat akan ditampilkan Kuuga di serial ini, tetapi tidak jadi. Sebagai bukti, proyek G3mengambil motif dari Undefined Lifeform number 4 yang dalam series Kamen Rider Kuuga adalah Kuuga itu sendiri, dengan tujuan untuk mengatasi serangan Monster yang terjadi seperti era Kuuga. Dengan ini Agito bisa dibilang representasi dari Nigo.

KAMEN RIDER V3 (Showa Era) & KAMEN RIDER RYUKI (Heisei Era)
Motif dasar dari V3 adalah capung (dragonfly) oleh karena itu pada Heisei Era dibuatlah Kamen Rider yang berunsur kata “dragonfly”. Jadilah Kamen Rider Ryuki yang bermotif naga (dragon). Keduanya sama-sama memaksimalkan kekuatannya hingga batas kemampuannya dan sama-sama terdapat tema pertarungan antar rider.
bldirgantara.blogspot.com
RIDERMAN (Showa Era)& KAMEN RIDER FAIZ(Heisei Era)
Kemiripan dari Kamen Rider ini adalah sama-sama memilki banyak gadget. Tangan kanan Riderman dapat berubah menjadi senjata sesuai dengan slot yang dimasukan di sikunya. Bentuk perubahan tangan kanannya bisa bermacam-macam seperti operation arm, rope arm dan sebagainya. Sedangkan Faiz menggunakan chip untuk merubah gadgetnya menjadi senjata seperti stang motor Auto Vajin menjadi pedang laser jika disisipi chip, handphone menjadi pistol, dan sebagainya.
Helm Riderman tidak fullface berbeda seperti Kamen Rider lain yang fullface menyebabkan masih kelihatan bagian mulut manusianya, hal ini mungkin dimodifkasi pada Faiz yang mengganti mulut helm-nya denyan motif taring hiu (Jaw). bldirgantara.blogspot.com

KAMEN RIDER X (Showa Era)& KAMEN RIDER BLADE (Heisei Era)
Pelafalan huruf “X” orang Jepang hampir mirip dengan bahasa Inggris “Ace”. Jadi, pada Kamen Rider Blade mengambil motif kartu truf Ace Spade (Kartu As Sekop) untuk menyamakan kesamaan antara Kamen Rider X dan Kamen Rider Blade.

KAMEN RIDER AMAZON (Showa Era) & KAMEN RIDER HIBIKI (Heisei Era)
Selalu kontroversial karena tidak mengambil motif serangga dialami kedua Kamen Rider ini walaupun berbeda masanya. Kamen Rider Amazon mengambil motif kadal raksasa di daerah Amazon dan Kamen Rider Hibiki mengambil motif setan (oni). Cara perubahan kedua Kamen Rider ini tidak meneriakan kata “HENSHIN”, Amazon berubah dengan meneriakan “AA-MAAA-ZOOON~” sedangkan Hibiki berubah dengan garpu tala tanpa berteriak “HENSHIN”. Seting tempat sama-sama di hutan dan cara bertarung mereka tidak layaknya Kamen Rider, terkesan lebih liar dan seram. bldirgantara.blogspot.com
Finishing akhir kedua rider ini tidak menggunakan tendangan atau pukulan, Amazon menggunakan kuku (cakar) dan taring mulutnya untuk menghabisi lawan sedangkan Hibiki menggunakan musik untuk menghabisi lawannya. bldirgantara.blogspot.com

KAMEN RIDER STRONGER (Showa Era) & KAMEN RIDER KABUTO (Heisei Era)
Motif kedua Kamen Rider ini tidak jauh berbeda, bertanduk besar dan bermata masif besar. Perubahan ultimate dari kedua Kamen Rider ini juga didominasi oleh warna perak. Asal nama Kabuto berasal dari nama motor Stronger sendiri yaitu Kabutoroh. Bahkan terang-terangan kalau Kabuto adalah serial untuk memperingati serial Stronger sekaligus 30 tahun Toei. Desain yang sama-sama Kumbang badak dan sikap yang sama-sama mengganggap sebagai yang terkuat menjadi kemiripan yang mencolok dari kedua rider ini.
bldirgantara.blogspot.com
SKYRIDER (Showa Era) & KAMEN RIDER DEN-O (Heisei Era)
Skyrider adalah seri tokusatsu dari frachise Kamen Rider yang sebelumnya hampir vakum selama empat tahun. Pertama kali muncul dengan title “ATARASHI KAMEN RAIDA : SKYRAIDA” (Kamen Rider Terbaru : Skyrider). Hal ini juga muncul di Kamen Rider Den-O, “ATARASHI DEN-O” yang menghadirkan Kamen Rider Den-O Strike Form. bldirgantara.blogspot.com
Tipe dari kedua Kamen Rider ini juga mirip, kalau Skyrider adalah penjelajah angkasa karena bisa terbang, maka Den-O adalah penjelajah waktu dengan kereta Denliner-nya.

KAMEN RIDER SUPER ONE (Showa Era) & KAMEN RIDER KIVA (Heisei Era)
Motif dari kedua Kamen Rider ini adalah cerita-cerita outworld. Super One mengambil motif alien sedangkan Kiva secara overall mengambil motif vampire. Bersama-sama mereka identik dengan kegelapan yaitu kegelapan luar angkasa untuk Super One dan kegelapan malam untuk Kiva.

KAMEN RIDER BLACK (Showa Era) vs KAMEN RIDER W/DOUBLE (Heisei Era)
Oleh karena ditutup oleh ZX dan Decade seharusnya siklus ini berakhir. Tapi kemunculan W atau disebut Double membingungkan untuk menentukan kepada siapa inspirasi W ini.
Ada empat teori mengenai hal ini:

Teori 1.
W adalah Ichigo dan Nigo, era dari W adalah era kembalinya desain Showa. Dimana wujud serangga, mata besar dan memakai selendang. Perhatikan W, persis era Showa bukan. Boleh dikatakan W adalah awal era baru, dan berarti ia adalah Ichigo (sama dengan Kuuga-awal heisei). Warna Hijaunya sama dengan Ichigo, sehingga bila ada doubel ( kamen rider W diperankan 2 orang, Shoutaro dan Philip), berarti keduanya adalah Ichigo dan Nigo.
Teori 2.
W adalah Black dan RX. Teori ini cukup mendasar dengan melanjutkan siklus setelah Decade. Mengapa bukan Black atau RX saja? Karena sosok W yang Double ini membingungkan untuk menentukannya sehingga diambil keduanya. Warna dari Black adalah Hitam dan RX adalah cenderung hijau, sehingga sama dengan warna dasar W. Black dan Rx mempunyai banyak kendaraan, termasuk mobil, sama dengan W.
Teori 3 bldirgantara.blogspot.com
W adalah J, bentuk body-nya mirip, apalagi helmnya, sama-sama tidak ada mulutnya dan namanya sama-sama cuma satu huruf. Persamaan lain, kedua rider ini agak ‘melenceng’ dari Kamen Rider yang sebelumnya. J bisa jadi raksasa seperti Ultraman, dan W punya dua orang yang berubah jadi satu rider
Teori 4.
W bersifat independen dan sudah terlepas dari Siklus kamen rider di atas.
Tahun 200-2011 muncul Kamen Rider OOO atau Ohz, apakah ia termasuk dalam siklus rider? Bisa iya bisa tidak. Ada yang berpendapat dia adalah Shin, J, Zo atau RX. ada baiknya tulisan ini saya batasi sampai Kamen Rider W saja, karena Kamen Rider OOO belum berakhir ceritanya sehingga belum dapat dievaluasi.



Sumber

No comments:

Post a Comment

PENNTINNG !!!!!
silahkan tinggalkan komentar jika anda menyukai, jika anda kesulitan melakukan komentar dan tidak memiliki profil untuk komentar silahkan pilih profil Anonymous trimakasih salam dari saya Bhernanda Logan Dirgantara,,

 

© Copyright Astra Dirgantara 2010 -2016 | Design by Herdiansyah Hamzah fazer email gratis | Powered by mugen download mugen chars.